Sabtu, 13 Juli 2013

ARTI DAN PERANAN FISIOLOGI POHON

Seorang fisiolog memandang sebatang pohon sebagai suatu pabrik biokimia yang kompleks, yang dimulai dari biji. Dia memperhatikan tingkah laku proses-proses yang disebut “pertumbuhan” terjadi.

Dari satu hektar hutan dapat dihasilkan beratus kilogram biomass tiap tahun dari bahan mentah yang sederhana ; air, karbon dioksida, dan beberapa kilogram nitrogen dan garam-garam mineral. Keberhasilan pohon tersebut memproduksi biomas tergantung terutama pada efesiensinya untuk membuat karbohidrat secara fotosintesis dan kemampuan untuk mengubah karbohidrat sederhana ini ke dalam jaringan-jaringan.  Perubahan ini termasuk translokasi (pengangkutan) produk fotosintesis ke bagian bagian tanaman, konversinya ke subtansi-subtansi lain, misalnya protein dan lemak dan penggunaannya untuk asimilasi dan respirasi.

Objek umum fisiologi pohon adalah menerangkan bagaimana pohon tumbuh di pandang dari proses-proses di dalam pohon dan kondisi yang mengontrol  pertumbuhan.  Karena itu seorang fisiolog terutama tertarik untuk mempelajari bagaimana pohon itu tumbuh. Tetapi untuk seorang silvikulturis menaruh perhatian penting bagaimana cara menumbuhkan pohon secara lebih efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar