Sabtu, 13 Juli 2013

Karakteristik Perakaran Pohon

Perakaran pohon merupakan landasan yang sangat penting pada pertumbuhan dan perkembangan pohon. Fungsi utama dari perakaran yaitu :
  1. Penguat mekanis untuk memelihara struktur lurus ke atas suatu pohon.
  2. Esensial untuk penyerapan air dan mineral.
Kesehatan dan vigor sistem perakaran mempengaruhi kesehatan dan vigor pohon secara keseluruhan, sehingga idealnya perlakuan silvikultur didasarkan  pada karakteristik akar dan tajuk secara seimbang, tetapi sistem perakaran hanya relatif sedikit diketahui karena kesulitan dalam mempelajarinya.

Karakteristik perakaran pohon bervariasi besar di antara jenis, individu dalam jenis yang sama maupun di antara akar pada satu pohon. Penyebaran sistem perakaran lateral biasanya 2 sampai 5 kali radius tajuk, dan menjadi lebih besar pada tempat tumbuh yang jelek dan kondisi yang lebih kering. Perkembangan sistem perakaran lateral pohon yang ekstensif berarti konsentarsi akar dalam menyerap makanan yang tertinggi berada pada jarak tertentu dari batang dan hal ini berhubungan dengan penempatan pupuk.

Kedalaman akar sampai batas tertentu dipengaruhi oleh faktor genetis. Secara umum spesies yang berbiji besar yang kaya akan cadangan makanan dengan cepat mengembangkan akar tunjang mencapai kedalaman tanah yang lebih dalam dan membantu secara nyata kelangsungan hidup pada areal yang cenderung mengalami kekeringan. Sistem perakaran pohon dewasa biasanya dipengaruhi oleh faktor tipe tanah, status hara, karakteristik drainasse, ada tidaknya gambut, lempung, padas dan bahan organik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar