Minggu, 14 Juli 2013


Khasiat Daun Kemangi

Manfaat/Khasiat Daun Kemangi yang Jarang Terungkap

Manfaat/khasiat daun kemangi yang jarang terungkap sebenarnya banyak sekali, mengingat bahwa daun ini memiliki berbagai kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam metabolisme.

Ramuan kemangi atau yang dikenal sebagai raja herbal merupakan salah satu tanaman herbal yang tertua dan populer serta kaya nutrisi nabati yang penting untuk kesehatan. Sehingga banyak pabrik kesehatan menghargainya sebagai sebuah "ramuan suci" dalam banyak tradisi di seluruh dunia.

Kemangi masuk dalam keluarga Lamiaceae, dari genus: Ocimum. Ia memiliki nama ilmiah "basilicum Ocimum."

Kemangi banyak tumbuh di Iran, India dan daerah tropis lainnya di Asia. Tanaman herbal ini lebat tahunan dan ditanam untuk diambil manfaat daun dan bijinya. Basil tumbuh dengan baik di daerah iklim tropis. Tanaman ini ketika tumbuh dapat mencapai pada rata-rata sekitar 100 cm. Daun hijau muda bertekstur halus dengan panjang sekitar 2,5 inci dan luas 1 inci.

Manfaat/Khasiat Daun Kemangi secara umum yaitu: 

  • Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini telah diuji laboratorium in-vitro untuk kemungkinan perlindungan anti-oksidan melawan radiasi lipid per-oksidasi dalam hati tikus.
  • Daun kemangi mengandung banyak minyak esensial yang bermanfaat seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonen dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri.
  • Daun kemangi mengandung tingkat kandungan yang sangat tinggi untuk beta-karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea-xanthin. Senyawa ini membantu bertindak sebagai pemulung perlindungan terhadap radikal bebas oksigen yang diturunkan dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  • Zea-xanthin, senyawa karotenoid kuning flavonoid, secara selektif diserap ke dalam makula lutea retina di mana ia ditemukan untuk menyaring sinar UV yang berbahaya dari mencapai retina. Studi menunjukkan bahwa herbal umum, buah-buahan, dan sayuran yang kaya zea-xanthin anti-oksidan membantu melindungi penyakit makula yang berkaitan dengan usia dari (AMRD), terutama pada orang tua.
  • 100 g daun herba segar mengandung 5275 mg atau 175% dari dosis harian vitamin A yang diperlukan. Vitamin A dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat. Konsumsi makanan alami kaya vitamin-A telah ditemukan untuk membantu tubuh melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut. 
  • Vitamin K dalam kemangi sangat penting untuk banyak faktor koagulan dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi penguatan tulang dengan membantu proses mineralisasi pada tulang. 
  • Daun kemangi mengandung sejjumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.
  • Daun kemangi merupakan sumber zat besi, mengandung 3,17 mg/100 g daun segar (sekitar 26% dari RDA). Besi, menjadi komponen hemoglobin dalam sel darah merah, menentukan kapasitas oksigen pembawa darah.
Secara umum, kandungan dari daun kemangi per 100 mg adalah sebagai berikut. 
 
Basil herb (Ocimum basilicum), Fresh leaves, 
Nutritive value per 100 g. 
(Source: USDA National Nutrient data base)
 
PrincipleNutrient ValuePercentage of RDA
Energy23 Kcal1%
Carbohydrates2.65 g2%
Protein3.15 g6%
Total Fat0.64 g2%
Cholesterol0 mg0%
Dietary Fiber1.60 g4%
Vitamins

Folates68 µg17%
Niacin0.902 mg6%
Pantothenic acid0.209 mg4%
Pyridoxine0.155 mg12%
Riboflavin0.076 mg6%
Thiamin0.034 mg2.5%
Vitamin A5275 IU175%
Vitamin C18 mg30%
Vitamin E0.80 mg5%
Vitamin K414.8 µg345%
Electrolytes

Sodium4 mg0%
Potassium295 mg6%
Minerals

Calcium177 mg18%
Copper385 mg43%
Iron3.17 mg40%
Magnesium64 mg16%
Manganese1.15 mg57%
Zinc0.81 mg7%
Phyto-nutrients

Carotene-ß3142 µg--
Crypto-xanthin-ß46 µg--
Lutein-zeaxanthin5650 µg--


Daun Kemangi
 
Manfaat Daun Kemangi ternyata memang tidak sedikit. Tidak rugi bagi kita yang suka akan lalapan daun ini.

Gambar Daun Kemangi
 Gambar Daun Kemangi

Kemangi
 Kemangi banyak kita jumpai di warung-warung makan dengan menu ayam goreng atau bakar, karena sebagai pelengkap saat lalapan.

Manfaat Daun Kemangi
Manfaat Daun Kemangi dapat dirasakan dengan baik jika kita mengkonsumsinya secara rutin Selain itu, kemangi juga memberikan efek harum di mulut kita, sehingga cukup membantu membuang bau mulut yang mengganggu.

1 komentar:

  1. boleh minta literaturnya tntang minyak atsiri yg berfungsi sbg anti inflamasi ? buat referensi penelitian saya, trims :)

    BalasHapus